Memperbaiki Actuator + positioner sendiri


Cara memperbaiki Actuator atau Positioner sendiri (Error 2)

Pada saat actuator atau positioner kita dapat masalah atau rusak jangan terburu-buru untuk membuang atau mengganti atau beli yang baru, kita dapat memperbaikinya sendiri. nah saya akan memberikan beberapa tips untuk memperbaiki Actuator dengan display peringatan yang tertera pada positioner ERROR 2 atau tampak di layar Er 2,

Biasanya pada saat terjadi error 2 yang terjadi semua program satelit yang tersimpan pada positioner akan berubah semua... rasanya jengkel banget, itu ada beberapa kemungkinan terjadinya kerusakan.
1. disk atau actuator terlalu mentok ke barat atau ketimur, sebainya sebelum melakukan setting pasang terlebih dahulu batas barat dan timurnya.
2. Actuator berkarat atau tidak dapat berputar.
3. Sensor IR yang rusak, kotor, atau posisi kurang tepat.
4. Positioner atau motor yang rusak.

cara memperbaikinya adalah sebagai berikut. urut sesuai dengan nomor kerusakan diatas :

1. sebaiknya setting batas barat dan batas timur agar disk atau actuator mentok ke barat atau ke timur agar tidak mentok sehingga tidak merusak gigi atau motot, dengan mengatur lewat menu pada reciver.

2. Jika actuator berkarat sebaiknya anda lepas dulu actuator dari disk, beri pelumas pada lubang ini, dan coba di putar tanpa menggunakan beban disk terlebih dahulu perhatikan gambar dibawah ini.


3. setelah dirasa gigi dan tuas berfungsi normal dan masih terdapat Error 2 kemungkinan sensor IR kotor, atau letaknya kurang pas, karena sensor terbuat dari magnet kemungkinan yang dapat menempel itu adalah serbuk besi atau jenis logam yang lainnya, jika kotor terdapat debu atau serbuk besi atau besi yang menempel bersihkan terlebih dahulu, jika masih terdapat error, coba atur posisi kedalaman antara magnet dan sensor, perhatikan gambar dibawah ini

 

menurut pengalaman saya terlalu dekat antara sensor IR dan magnet juga terjadi Error 2 ataupun sebaikya terlalu jauh juga error, jadi anda harus mengaturnya, jika terlalu jauh dekatkan jika terlalu dekat anda bisa memberi ring dari bahan yang terbuat dari selain logam, biasanya saya menggunakan bekas kartu perdana perhatikan gambar dibawah ini


buat ring sebanyak 1 atau 2 saja sudah cukup

Setelah itu anda dapat memasangnya di bagian antara sensor dan magnet seperti gambar berikut



jika setelah anda perbaiki masih juga terdapat error 2 anda coba untuk membalik kabel power dan kabel sensornya, ingat kabel power dibalik dengan kabel power dan kabel sensor hanya dibalik ke kabel sensor saja jangan sampai ceroboh kabel sensor dipasang ke kabel power atau sebaliknya kabel power di pasang ke sensor, positioner anda bisa rusak , perhatikan gambar berikut:


4. Untuk mengetahui kerusakan adaptor positioner atau motor actoator yang rusak, anda dapat menggunakan avometer, ukur tegangan pada kabel power dan tekan tombol ke kiri atau kekanan pada positioner dan apabila tegangan kurang dari 16 volt berarti travo positioner anda rusak, tetapi jika tegangan sudah keluar setelah di tombol ke kiri atau kekanan sebesar kurang lebih 16 volt dan motor tidak bisa berjalan berarti motor pada actuator anda yang rusak. dan anda harus menggantinya yang baru.

selamat mencoba oprak-oprek sendiri.... mudah-mudahan bermanfaat...

1 komentar:

  1. alam kenal mas bro sy mau tanya poisi angka di positioner sy selalu bergerak sendiri tp actuatornya td bergerak jd sulit untuk ngesavenya, mohon pencerahannya trimakasih ( nana )

    BalasHapus